Minggu, 11 Januari 2009

Alat-Alat Ampuh untuk Perbaiki "TROUBLESHOOTING" PC

Jika Anda adalah satu-satunya ahli komputer dalam keluarga Anda atau bahkan dalam lingkungan teman-teman, pasti Anda sering merasa bosan dengan pertanyaan-pertanyaan bodoh dari orang sekitar Anda seperti: "PC saya tidak bisa membaca CD", "aplikasi x tiba-tiba rusak", "saya lupa kata kunci", dan sekumpulan pertanyaan lain yang menurut Anda sangat sederhana dan agak bodoh. Walaupun hal ini tampaknya sulit untuk Anda hindari, tapi ada beberapa cara bagi Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan sebuah solusi yang mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan mengumpulkan beberapa aplikasi-aplikasi gratis dari internet, yang bersifat "portable" sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana dan gunakan di mana saja. Cukup dengan sebuah USB murah (kapasitas sekitar 4GB), Anda bisa memotong pembicaraan dan penjelasan yang panjang serta melelahkan untuk orang-orang yang bertanya kepada Anda. Dan salah satu hal lain yang cukup penting adalah aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda ambil dengan "gratis". Mari kita simak bersama daftar beberapa aplikasi tersebut.

Masalah Anti-Virus

Virus, Malware, SPAM, dan Spyware adalah salah satu masalah yang paling sering ditanyakan. Jawabannya adalah keluarkan USB Anda yang sudah berisi kopian ClamWin dan Avert Stinger dari McAfee dan hampir semua ancaman biasa bisa teratasi.

Selanjutnya, instalasikan Google Pack dan kopi folder "Norton Security Scan" dari folder "Program Files" ke dalam USB Anda. Anda kemudian mampu untuk menjalankan program (nss.exe) dari PC dengan Windows XP atau Vista manapun.

Jelajahi Permasalahan pada Software

Jika, PC tidak memiliki virus, maka mungkin permasalahan ada pada perangkat lunak yang sedang bekerja. Gunakan AutoRuns untuk menemukan apa yang bekerja pada saat PC melakukan boot, kemudian pindah ke Process Explorer untuk menemukan apa yang sebenarnya sekarang sedang bekerja.

Restorasi Data Hard Drive (HD)

Kerabat Anda sangat panik karena menghapus sesuatu yang penting, tetapi saat itu Anda justru hadir sebagai pahlawan. Dengan aplikasi Recuva versi portable, Anda akan mampu untuk merestorasi data dari dalam HD, kartu memori, dan pemutar MP3, bahkan aplikasi ini bisa mengembalikan beberapa file yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi serupa lainnya.

Akrabkan Diri dengan Format File

Anda sering mendengar para pengguna awam PC karena mereka menerima file penting, tapi tidak bisa membukanya. Mengapa? Biasanya karena mereka tidak memiliki perangkat lunak yang dibutuhkan. Untuk itu, coba masukkan OpenOffice.org Portable pada koleksi Anda, dan kerabat Anda pasti langsung bisa berurusan dengan dokumen Word, spreadsheet, presentasi, dan file sejenis lainnya.

Masih ada lagi aplikasi SoftMaker Office untuk PC yang lebih tua (bisa bekerja pada Windows 95) dan coba gunakan PDF-Xchange Viewer untuk berurusan dengan file PDF.

Baca Data dari CD Tua

Jika teman Anda komplain karena tidak bisa membaca file dari CD yang sudah agak tua, maka mungkin ada yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mencoba Unstoppable Copier. Aplikasi perestorasi data ini bisa mengambil setiap sektor yang bisa dibaca dari file Anda dan menyatukannya menjadi satu buah file

Pilih Browser yang Tepat

Kadang Anda membutuhkan internet untuk menemukan solusi dari permasalah yang cukup rumit, tapi browser pada PC tersebut sedang tidak bekerja. Gunakan saja Firefox versi portable dan Thunderbird pada USB Anda, maka selesailah masalah yang satu ini.

Mengembalikan Kata Kunci

Beberapa teman Anda yang ceroboh menghilangkan beberapa nomor kunci produk dan lupa akan kata kunci akun komputer, email, atau aplikasi lainnya, dan ini menjadi tugas Anda untuk menjadikan semuanya kembali benar. Itulah mengapa USB Anda perlu WinKeyFinder atau Vista Key Finder untuk merestorasi nomor kunci produk Windows dan Office, bersamaan dengan IE Pass View dan "Password Fox" untuk mengembalikan semua nama pengguna dan kata kunci yang disimpan oleh IE dan Firefox.

Buat Cadangan untuk Driver

Salah satu aturan dasar untuk permasalahan pada PC adalah memastikan kalau modifikasi atau tambahan yang Anda lakukan terhadap PC bukannya makin memperburuk keadaan. Jadi, jika Anda memutuskan untuk memperbaharui driver apapun pada PC, maka pastikan kalau Anda sudah membuat data cadangannya terlebih dahulu, jika memang Anda membutuhkannya untuk kembali ke versi awal. DriverBackup! adalah alat yang ideal untuk masalah yang satu ini.

Aplikasi Penulis CD/DVD GRATIS

Tambahkan aplikasi penulis CD/DVD portable pada USB dan Anda akan mampu untuk mengkopi data dari kebanyakan PC, bahkan jika perangkat lunak masternya tidak bekerja dengan baik. Untuk hal ini, Anda bisa mencoba Total Free Burner atau InfraRecorder.

Pindai Jaringan

Isu jaringan sangat menjebak dalam hal diagnosa, terutama untuk aplikasi portable, tapi adal beberapa perangkat lunak yang menjawab tantangan tersebut. TCPView menampilkan semua koneksi TCP dan UDP terbuka Anda, bersamaan dengan proses-proses yang menggunakan mereka. SmartSniff menangkap dan menampilkan paket jaringan pada beberapa PC, dan Angry IP Scanner bisa mengecek dengan cepat alamat IP pada jarak tertentu dan membuat skema jaringan berdasarkan sistem yang ia temukan.

Aplikasi Lainnya....

Anda bisa menemukan berbagai aplikasi portable lainnya pada Pendriveapps.com dan PortableApps.com. Sayangnya, hal ini tergantung dari kemampuan boot PC dan driver pengenal koneksi USB. Jadi, mungkin saja dalam keadaan darurat Anda butuh untuk membawa kopi dari UBCD untuk Windows. Ini merupakan sebuah CD boot yang hadir dengan beberapa aplikasi solusi untuk troubleshooting, jika Anda berhadapan dengan PC rusah yang tidak mampu untuk boot.

Tidak ada komentar: